Penggunaan Media Handout Berbantuan Camtasia Studio Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Metode Numerik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan media handout berbantuan camtasia studio pada mata kuliah metode numerik materi persamaan nirlanjar. Media pembelajaran handout berbantuan camtasia studio merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh mahasiswa sebagai pengganti buku ajar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas V.A program studi pendidikan matematika FKIP Universitas PGRI Palembang semester genap tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes.  Data hasil tes dianalisis secara deskrptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil belajar mahasiswa melalui penggunaan media camtasia berbantuan handout pada materi persamaan nirlanjar termasuk dalam kategori baik.