Telaah Implementasi Kurikulum 2013: Tinjauan Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Abstract

Telah dilakukan penelitian terhadap penerapan kurikulum 2013 melalui analisis rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun oleh guru IPA di SMP Kartika III-2 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil analisis yang telah dilakukan pada RPP yang ditelaah, diperoleh kesimpulan bahwa penerapan kurikulum 2013 sudah berjalan dengan baik dalam aspek perencanaan pembelajaran yang tertuang dalam RPP. Semua komponen telah tercantum dalam RPP. Guru juga antusias dan berusaha menggunakan pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Namun, terdapat beberapa hambatan yang harus diperbaiki terutama pada bagian pemilihan materi ajar.