Perilaku dan Budaya Konsumen Madura dalam Dinamika Etika Bisnis Syariah

Authors

  • Mashudi Mashudi Dosen Fak. Syariah STAI Darul Hikmah Bangkalan

DOI:

https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3326

Keywords:

abhantal syahadat, asapo’ iman, apajung Allah

Abstract

Dinamika budaya di masyarakat memunculkan pola dan aktivitas ekonomi, seperti industri, mekanisme pasar, hingga pada perlindungan konsumen dalam persaingan pasar Salah satu nilai budaya lainnya yang tak kalah penting pada orang Madura adalah bahwa kesopanan dijunjung tinggi. Masyarakat Madura yang sensitif dan fanatik terhadap nilai-nilai keagamaan; seperti kesopanan, saling menghormati, serta suka tolong-menolong berdampak konstruktif dengan nilai-nilai yang terkandung dalam prinsip-prinsip etika bisnis syariah. Prinsip-prinsip bisnis Islami baik secara individu atau kelembagaan mengajak pada nilai-nilai professionalitas, kejujuran (amanah), persaudaraan dan keadilan, serta dilarang monopoli dan praktek riba. Untuk itu akan sedikit dibahas dalam tulisan kali ini mengenai perilaku orang madura terhadap etika bisnis syariah

References

Al-Arif, M. Nur Rianto. Lembaga Keuangan Syariah: Suatu Kajian Teoritis Praktis. Bandung: Penerbit Pustaka Setia, 2012.
Bhat, Badruddin. Miskawayh on Society and Government Islamic Studies. Oxford: Clarendon Press, 1985.
Bungin, H.M. Burhan. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Prenada Media, 3013.
Fakhry, Majid. Etika dalam Islam, terj. Zakiyuddin Baidhawy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.
Fauzia, Ika Yunia. Etika Bisnis dalam Islam. Jakarta: Prenada Media, 2013.
Glazer, N and Moynihan, Ethnicity: Theory and Experience. Cambridge: Harvard University Press, 1984.
Harahap, Sofyan Syafri. Akuntansi Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Irwandar. Dekonstruksi Pemikiran Islam. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media Press, 2003.
Mangkunegara, Anwar Prabu. Perilaku Konsumen, edisi revisi. Bandung: Refika Aditama, 2012.
Orgianus, Yan. Moralitas Islam dalam Ekonomi & Bisnis. Bandung: Penerbit Marja, 2012.
Qardhawi, Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 2001.
Setiadi, N.J. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasinya untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Prenada Media, 2003.
Perilaku dan Budaya Konsumen Madura dalam Dinamika Etika Bisnis Syariah
Soegianto, Kebudayaan Madura: Kepercayaan, Magi, dan Tradisi dalam Masyarakat Madura. Jember: Penerbit Tapal Kuda, 2003.
Susilo, Rakhmad K.Dwi. Sosiologi Lingkungan. Jakarta: Rajawali, 2008.
Suwarman, Ujang. Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bandung: Ghalia Indonesia, 2015.
Syukur, Suparman. Etika Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2004.
Warde, Ibrahim. Islamic Finance: Keuangan Islam dalam Perekonomian Global terj. Andriyadi Ramli. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2009

Downloads

Published

2018-10-12

How to Cite

Mashudi, M. (2018). Perilaku dan Budaya Konsumen Madura dalam Dinamika Etika Bisnis Syariah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(2), 133–149. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i2.3326

Issue

Section

Articles