PENOLAKAN WARGA TERHADAP PROYEK PLTU BATANG: TELAAH SOSIOLOGI HUKUM

  • Benny Abidin
Keywords: Sosiologi hukum penolakan warga hukum responsif hukum represif

Abstract

Pembangunan adalah amanat undang-undang. Ia menjadi tanggung jawab negara. Tetapi bagaimana jika pembangunan direspon secara negatif oleh warganya? Ini yang terjadi di Batang, Jawa Tengah. Mayoritas warga menolak pembangunan PLTU Batang. Padahal pembangunan ini ditujukan untuk memenuhi kecukupan pasokan listrik se-Jawa. Artikel ini bertujuan menggali mengapa responwarga sangat negatif dengan menggunakan sosiologi hukum sebagai alat bacanya. Hasilnya, proyek ini disusun ternyata tanpa melibatkan masyarakat sebagai bagian dari pembangunan. Produk hukum yang seharusnya menjadi bagian dari instrumen rekayasa masyarakat tidak berjalan dengan baik. Hukum tidak responsif terhadap warganya.

References

Esmi Warassih. 2005. Pranata Hukum (Sebuah Telaah Sosiologis). Semarang: PT. Suryandaru Utama.

Kompas. 4 April 2013.

Mochtar Kusumaatmadja. 1986. Fungsi dan Perkembangan Hukum dalam Pembangunan Nasional, Bandung: Bina Cipta.

Public Service Commicion of Wiconsin, Enviromental Impact of Power Plan.

Satjipto Rahardjo. 2004. Sosiologi Hukum; Perkembangan Metode dan Pilihan Masalah, Surakarta: Muhammadiyah University Press.

SoerjonoSoekanto. 2012. Pokok-PokokSosiologiHukum.. Jakarta:RajawaliPers.

Soetandyo Wignjosoebroto. 2007. Hukum dalam Masyarakat, Perkembangan dan Masyalahnya;Sebuah Pengantar ke Arah Kajian Sosiologi Hukum. Malang: Banyumedia.

Soetandyo Wignjosoebroto. Hukum Progresif: Upaya Untuk Mewujudkan Ilmu Hukum MenjadiSebenarIlmu. www. legalitas. org.
Published
2018-07-09
How to Cite
ABIDIN, Benny. PENOLAKAN WARGA TERHADAP PROYEK PLTU BATANG: TELAAH SOSIOLOGI HUKUM. Istinbath : Jurnal Hukum, [S.l.], v. 15, n. 1, p. 134-144, july 2018. ISSN 1829-8117. Available at: <https://e-journal.metrouniv.ac.id/istinbath/article/view/1095>. Date accessed: 13 may 2024. doi: https://doi.org/10.32332/istinbath.v15i1.1095.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.