Penggunaan Model Pembelajaran PBL Untuk Mengembangkan Karakter Belajar Melalui Jurnal Ilmiah

Abstract

<p>Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penggunaan model <em>problem based learning </em>(PBL) dalam mengembangkan karakter belajar melalui jurnal ilmiah pada semester I FKIP sebanyak  54 mahasiswa di UMSU dengan menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data sample menggunakan Random Sampling sebanyak 1720 mahasiswa pada semester I FKIP tahun ajaran 2016/2017 sebagai populasi, itu karena peneliti “mencampur” subek-subjek didalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama (Arikunto, 2010:177). Maka sampel yang digunakan 2 kelas yaitu kelas Program studi Akutansi sebanyak 26 mahasiswa dan Bahasa Inggris sebanyak 28 mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan; (a) Pengumpulan data, (b) Penyajian Data, (c) Reduksi Data dan (d) Kesimpulan. Sehingga hasil dari penilaian yang didapat  yaitu; (1) Mahasiswa semankin aktif, ini membuktikan adanya model pembelajaran PBL ini mereka aktif mencari ilmu sendiri dari berbagai sumber ilmu, (2) Karakter belajar disiplin, mereka mampu membuat perencanaan belajar, penyelesaian tugas, dan kegiatan belajar berkelompok, sehingga pada saatnya harus menghadapi evaluasi tidak terlalu kerepotan, dan (3) Belajar dengan kritis, mereka yang kritis tidak akan menelan mentah-mentah sesuatu pendapat yang didengar atau diterimanya, tetapi akan menimbulkan pertanyaan internal. Hasil dari penelitian ini terlihat pada proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajarn PBL dalam karakter belajar dapat memudahkan mahasiswa untuk menganalisis jurnal ilmiah pendidikan.</p>