Efektifitas Pendekatan Dicovery Learning dalam Bimbingan Kelompok Topik Tugas untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Mahasiswa Bimbingan dan Konseling

Abstract

<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan penggunaan pendekatan <em>Discovery Learning</em> melalui layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah bahwa ada perubahan atau peningkatan kepercayaan diri mahasiswa setelah diberikan perlakuan terhadap layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan <em>discovery learning </em>dalam layanan bimbingan kelompok topik tugas. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah <em>pra-eksperimen</em>, menggunakan satu kelompok desain <em>pretest posttest</em>. Pemilihan subjek menggunakan metode <em>purposive sampling</em>. Jumlah subyek penelitian adalah sepuluh orang yang dipilih sesuai dengan kebutuhan penelitian. Penelitian ini dilakukan di program studi Bimbingan dan Konseling, instrumen yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dengan model skala Likert. Data dianalisis menggunakan teknik statistik nonparametrik yang menggunakan <em>Wilcoxon Signed Ranks Test</em>. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor pretest adalah 77,5 dan posttest 101,8. Kemudian untuk menguji hipotesis diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) 0,005 &lt; 0,005, sehingga Ho dapat ditafsirkan ditolak dan Ha diterima, disimpulkan bahwa ada perubahan atau peningkatan kepercayaan diri siswa setelah diberi perlakuan dari layanan bimbingan kelompok menggunakan pendekatan <em>discovery learning</em>.</p>