PENGARUH KEBERADAAN ORANGTUA (TKI DAN NON TKI) TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK TK DI DESA JUNJUNG KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

Abstract

<strong>Abstrak: </strong>Setiap guru harus memiliki harapan dan tujuan untuk membuat siswa mereka menjadi baik, murah hati dan empatik. Untuk memenuhi harapan tersebut, siswa harus diajar sejak usia dini. Perilaku seperti membantu orang lain, atau berbagi kasih sayang, akan lebih efektif jika distimulasi sejak dini pada masa keemasan perkembangan individu. Lingkungan yang paling berpengaruh bagi perkembangan anak adalah keluarga. Orang tua adalah institusi sosial paling penting dalam membentuk perilaku baik anak-anak. Tidak setiap anak tumbuh bersama orang tua mereka. Sebagian karena orang tua pergi ke negara lain untuk mendapatkan pekerjaan sebagai TKI. Tulungagung adalah sebuah kabupaten di Indonesia dengan banyak orang bekerja sebagai TKI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keberadaan Orang Tua terhadap perilaku pro-sosial, anak-anak TK di Desa Junjung, Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung. Semua siswa TK di desa Junjung, Sumbergempol, Kabupaten Tulungagung digunakan untuk menjadi peserta. T-test digunakan untuk menganalisa data. Hasil dari penelitian ini adalah ada perbedaan yang signifikan perilaku pro-sosial di antara anak-anak yang memiliki orang tua tinggal bersama mereka, dan anak-anak yang memiliki orang tua bekerja di negara lain sebagai TKI. Hasilnya menunjukkan bahwa orang tua memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan perilaku pro-sosial anak-anak mereka.