PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 106160 DESA TANJUNG REJO KECAMATAN PERCUT SEI TUAN

Main Article Content

Yugi Diraga Prawiyata

Abstract

Tulisan ini memaparkan penerapan pendididikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris.
Pendidikan karakter ialah segala sesuatu yang dilakukan guru, yang mampu mempengaruhi
karakter peserta didik. Guru membantu membentuk watak peserta didik. Hal ini mencakup
keteladanan bagaimana perilaku guru, cara guru berbicara atau menyampaikan materi,
bagaimana guru bertoleransi, dan berbagai hal terkait lainnya. Secara umum, paparan nilainilai
utama karakter selanjutnya dapat dicerminkan, antara lain pada saat memformulasikan
indikator dan mengembangkan bahan ajar. Berikut ini adalah beberapa contoh pengintegrasian
masing-masing nilai karakter pada indikator dan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa,
khususnya Bahasa Inggris, yang dilakukan dalam satu kali pertemuan (2x45 menit): relijius,
jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, menghargai prestasi,
bersahabat/komunikatif, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggungjawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Prawiyata, Y. D. (2018). PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI SDN 106160 DESA TANJUNG REJO KECAMATAN PERCUT SEI TUAN. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 14-20. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v1i1.10
Section
Articles