(تطوير المواد التعليمية لترقية مهارة الكتابة (بحث تطويري مع التطبيق في مدرسة أمانة الأمة الإعدادية فاجت موجوكرطا

Abstract

Ada banyak problem dalam proses belajar mengajar Bahasa Arab di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet Mojokerto, terutama dalam pembelajaran menulis.  Diantara problem yang paling dominan adalah terjadinya kesalahan imla’.Untuk mengatasi masalah ini penulis mendesain bahan ajar untuk meningkatkan ketrampilan menulis bagi siswa.Dengan bahan ajar tersebut diharapkan siswa mampu menulis Bahasa Arab dengan benar sesuai dengan kaidah imla’.Atas dasar itulah penulis melakukan penelitian dengan metode penelitian dan pengembangan (R & D) dengan pendekatan kuantitatif dengan tujuan menghasilkan produk bahan ajar dan sekaligus menguji keefektifan produk tersebut.Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes, angket dan wawancara.  Setelah penulis mendesain bahan ajar, melakukan uji coba dan menganalisa seluruh data, penulis mendapatkan kesimpulan ; 1) Bahan ajar yang dihasilkan berupa bahan ajar yang memuat kaidah-kaidah penulisan Bahasa Arab, yaitu imla’ mendapatkan penilaian tim ahli sebesar 79 %, artinya bahwa buku tersebut layak digunakan dalam pembelajaran . 2) Bahan tersebut sangat efektif untuk meningkatkan ketrampilan menulis bagi siswa, hal ini didasarkan pada hasil pretest dan posttest yaitu terdapt peningkatan yang cukup signifikan 20, 96 % dari prosentase nilai pretest  62,2 % menjadi 83, 6 % Dinilai posttest.  Hal ini diperkuat dengan hasil analisa angket dan wawancara yang memiliki kesimpulan yang sama dengan analisaa nilai tes.