Main Article Content

Abstract

Penelitian bertujuan: (1) Untuk meningkatkan nilai tugas proyek PPKn melalui implementasi model project based learning, siswa kelas VII4 SMPN 3 Tanete Rilau kabupaten Barru. (2) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelolah dan mengendalikan implementasi model project based learning. (3) Untuk mengetahui aktivitas siswa dalam melaksanakan implementasi model project based learning. Penelitian ini penelitian tindakan kelas menggunakan pendekatan kuantitatif dikombinasi pendekatan kualitatif, yang terdiri tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII4 SMPN 3 Tanete Rilau Barru yang berjumlah 19 orang, 10 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Data kualitatif dikumpul melalui lembar observasi aktivitas peserta didik dan kemampuan guru, sedang data kuantitatif dikumpul melalui tes hasil tindakan tiap akhir siklus. Dari hasil penelitian ditemukan perubahan secara positif siklus dua ke siklus tiga kemampuan guru dan aktivitas peserta didik, serta peningkatan nilai tugas proyek dari siklus dua ke siklus tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Terdapat peningkatan nilai tugas proyek PPKn peserta didik dari siklus dua ke siklus tiga, terjadi perubahan kemampuan guru ke arah yang positif dari siklus dua ke siklus tiga, terjadi perubahan aktivitas peserta didik ke arah yang positif dari siklus dua ke siklus tiga.

Keywords

Nilai Tugas Proyek PPKn Project Based Learning

Article Details

References

    Anonim. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Depdiknas.
    Jakarta: PT Gramedia Pusat Utama.
    Anonim. 2010. Pembinaan dan pengembangan profesi guru Buku 2. Kementerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik Dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktur Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan.

    Anonim. 2014a. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

    Anonim. 2014b. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
    Anonim. 2014c. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Projek. Diunduh dari:http://
    sua-idinmath. wordpress.com/2014/04/19/pendekatan-pembelajaran-berba- sis- projek/.
    Anonim. 2015. Panduan Penilaian Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.