PENGEMBANGAN MODUL TERMOKIMIA DENGAN PENDEKATAN INKUIRI TERPADU PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN LOGIKA SISWA

Abstract

AbstrakBeredarnya bahan ajar kimia yang kurang mampu memberikan makna dalamproses pembelajaran, mengakibatkan siswa semakin jenuh dan bosan mempelajarimateri yang ada di dalam bahan ajar. Sementara itu pembelajaran sekarangmenitikberatkan pada kegiatan siswa, sedangkan guru diposisikan sebagaifasilitator. Pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan keikutsertaan danmenimbulkan rasa keingintahuan dalam belajar, memperbaiki pengertian dan polapikir, serta membantu siswa untuk mengembangkan logika. Penelitian inimerupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan modulkimia yang baik pada materi termokimia. Hasil penelitian pengembangan modul inimenunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan logika siswa pada kelas eksperimendan kelas kontrol, hal ini ditunjukkan dengan rata-rata nilai evaluasi termokimiakelas eksperimen sebesar 73,08 dan kelas kontrol sebesar 64,56 dan dengansignifikansi 0,000 (< 0,05). (2) Modul kimia berpendekatan Inkuiri yangdikembangkan efektif untuk membantu penerapan nilai pendidikan karakter. Halini ditunjukkan dengan adanya peningkatan sikap siswa di setiap pertemuannyapada kelas eksperimen.Kata kunci: Modul termokimia, inkuiri terpadu, karakter, logikaAbstractCirculation of chemistry teaching materials that are less able to provide meaning inthe learning process, resulting in more saturated and bored students learn thematerial that is in teaching materials. While the current study focused on theactivities of students, while the teacher is positioned as a facilitator. Learning isexpected to increase participation and generate curiosity in learning, improveunderstanding and mindset, as well as helping students to develop logic. This researchis a development that aims to produce a good chemistry module on thermochemicalmaterial .. The results show that the development of this module (1) There aredifferences in the logic students in the experimental class and control class, as shownby the average value of the evaluation of thermochemical class experiment at 73.08and 64.56 for the control class and the significance of 0.000 (<0.05). (2) ModuleInquiry berpendekatan chemistry developed to help implement effective charactereducation values. This is indicated by an increase in students' attitudes at everymeeting in the experimental class.Keywords: Thermochemical modules, integrated inquiry, character, logic