Pengaruh Permainan Tradisional Engkleng terhadap Pemahaman Konsep Siswa KelaS III Mata Pelajaran Matematika di SDN Bangsa Negara Kabupaten OKU Timur

Abstract

Pemahaman konsep siswa dapat dilihat dari rata-rata nilai mean hasil belajar siswa kelas kontrol yaitu 72,75 sedangkan nilai mean hasil belajar siswa kelas eksperimen yaitu 84,73. Kemudian hasil analisis data dengan menggunakan statistik uji “t” diperoleh dalam perhitungan ( = 3, 84) dan besarnya t yang tercantum pada tabel ( = 2, 02) dan ( = 2,71) maka dapat diketahui bahwa  lebih besar ; yaitu 2,02<3, 84>2,71. Karena  lebih besar dari  maka hipotesa nihil yang diajukan ditolak, ini berarti bahwa adanya pengaruh permainan tradisional engklengterhadap pemahaman konsep siswa Kelas IIIpada mata pelajaran matematika di SDN Bangsa Negara OKU Timur.