PENGARUH TERAPI KOGNITIF PERILAKUAN UNTUK MENURUNKAN GANGGUAN PERILAKU MENENTANG PADA SISWA MTS X DI YOGYAKARTA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Terapi Kognitif perilakuan untuk menurunkan gangguan perilaku menentang. Hipotesis yang diajukan pada penelitian ini adalah ada perbedaan frekuensi gangguan perilaku menentang antara sebelum dan sesudah diberikan terapi kognitif per- ilakuan kepada siswa MTS X di Yogyakarta. Subjek yang diberikan terapi kognitif perilakuan men- galami penurunan frekuensi gangguan perilaku menentang di sekolah. Subjek dalam penelitian se- banyak 4 orang siswa MTS X kelas 8. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah single case study berupa pengaruh terapi kognitif perilakuan. Metode analisis yang digunakan analisis, visual inspection, wawancara serta observasi dan analisis non parametrik (Wilcoxon). Hasil uji hipotesis pada terapi ini ialah Z sebesar = 0,034 (p>0,05), Berdasarkan analisis tersebut berarti bahwa ada perbedaan penurunan frekuensi gangguan perilaku menentang antara sebelum dan sesudah diberikan terapi kognitif perilakuan pada siswa MTS X kelas 8 di Yogyakarta.