HEGEMONI PEMERINTAH TERHADAP PEDAGANG PASAR: (Analisis Dominasi Pemerintah Pasca Revitalisasi Pasar Kite Sungailiat Menurut Antonio Gramsci)
Jurnal Society Volume 5 Nomor 1#Juni 2017
PDF (Bahasa Indonesia)

Discipline(s)

Social Sciences

Subjects

Sociology and Political Science, Public Administration

Keywords

Hegemony;
Revitalization;
Consensus

View Counter


  • Abstract viewed - 690 times
  • PDF (Bahasa Indonesia) downloaded - 268 times

Search in:

| |

How to Cite

Sari, P., & Indra, C. (2017). HEGEMONI PEMERINTAH TERHADAP PEDAGANG PASAR: (Analisis Dominasi Pemerintah Pasca Revitalisasi Pasar Kite Sungailiat Menurut Antonio Gramsci). Society, 5(1), 1-11. https://doi.org/10.33019/society.v5i1.15

Abstract

Hegemoni merupakan dominasi atas satu kelas terhadap kelas lain disebabkan secara ideologis dan politis. Hegemoni dilakukan melalui mekanisme konsensus bukan dengan penindasan terhadap kelas sosial lain. Terdapat Hegemoni pemerintah terhadap pedagang pasar di Pasar Kite Sungailiat. Kekuasaan intelektual yang digunakan oleh pemerintah mampu mempengaruhi kesadaran pedagang untuk mengikuti kebijakan pemerintah. Pedagang yang merasa dirugikan dengan kebijakan tidak mampu untuk melakukan perlawanan. Perlawanan pedagang dapat diatasi pemerintah dengan membentuk konsensus antara pemerintah dan pedagang. Konsensus dilakukan untuk mempengaruhi pemikiran pedagang agar mengikuti aturan yang dibuat pemerintah.

DOI : https://doi.org/10.33019/society.v5i1.15
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Abercrombie, Nicholas. dkk. 2010. Kamus Sosiologi. Terjemahan oleh Desi Novianti. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Bangkapos. 14 April 2015. Ini Kisah Pasar Kumuh Jadi Pasar Kite Sungailiat. Diakses pada 21 Oktober 2015. http://bangka.tribunnews.com/2015/04/14/ini-kisah-pasar-kumuh-jadi-pasar-kite-sungailiat.

Bangkapos. 7 Oktober 2015. Pedagang Pasar Kite yang Jualan di Lorong Diminta Kembali ke Lapaknya.

Bocock, Robert. 2007. Pengantar Komprehensif Untuk Memahami : Hegemoni. Yogyakarta : Jalasutra.

Legowo, Martinus.dkk. 2008. Pedagang dan Revitalisasi Pedagang Tradisional di Surabaya : Studi Kasus pada Pasar Wonokromo dan Pasar Tambah Rejo, Surabaya. Jurnal.Fakultas Ilmu Sosial - Universitas Surabaya.

Malano, Herman. 2011. Selamatkan Pasar Tradisional .Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Patria, Nezar dan Andi Arif. 2015. Antonio Gramsci : Negara & Hegemoni. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

RRI. 20 Oktober 2015. Pedagang Pasar Kite Sungailiat Tinggalkan Petak Kios Beralih ke PKL. Diakses pada 21 Oktober 2015. http://www.rri.co.id/post/berita/210986/ekonomi/pedagang_pasar_kite_sungailiat_tinggalkan_petak_kios_beralih_ke_pkl.html

Sukriswanto, Ucang. 2012. Analisis Kelayakan Revitalisasi Pasar Umum Gubug Kabupaten Grobogan. Jurnal. Universitas Negri Yogyakarta.

Theresia, Aprilia. 2014. Pembangunan Berbasis Masyarakat (Acuan Bagi Praktisi, Akademisi, dan Pemerhati Pengembangan Masyarakat). Bandung : Alfabeta.

Copyright (c) 2017 Owned by the Authors, published by Society

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.