Peling - Banggai Berebut Ibukota: (Studi Tentang analisis aktor dan dinamika konflik Pemindahan Ibukota Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah Tahun-2006)
PDF (Bahasa Indonesia)

Discipline(s)

Social Sciences

Subjects

Sociology and Political Science, Public Administration, Urban Studies

Keywords

Actor Analysis;
Conflict Dynamics;
Shift of the Capital City

View Counter


  • Abstract viewed - 437 times
  • PDF (Bahasa Indonesia) downloaded - 340 times

Search in:

| |

How to Cite

Abbas, M. (2017). Peling - Banggai Berebut Ibukota: (Studi Tentang analisis aktor dan dinamika konflik Pemindahan Ibukota Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah Tahun-2006). Society, 5(2), 32-47. https://doi.org/10.33019/society.v5i2.53

Abstract

Studi ini di rancang untuk mengungkap apa yang sebenarnya terjadi dibalik konflik berkepanjangan dalam pemindahan Ibukota Kabupaten Banggai Kepulauan Propinsi Sulawesi Tengah. Di Kabupaten ini, ada dua kubu yang memperebutkan letak ibukota Kabupatennya. Ada yang menghendaki Kota Banggai dan ada yang menghendaki Kota Salakan. Masing-masing kubu punya alasannya sendiri, namun sama-sama tidak berterus terang dalam mengenai akar konflik yang mereka hadapi. Ketimpangan sepertinya luput dari perhatian kedua kubu. Tulisan ini lebih memfokuskan pada analisis aktor dan perkembangan tahapan-tahapan konflik dalam kerangka manajemen konflik perebutan dan pemindahan ibukota di era desentralisasi dan gencarnya spirit otonomisasi dan pemekaran daerah.

DOI : https://doi.org/10.33019/society.v5i2.53
PDF (Bahasa Indonesia)

References

Ahmad H. Kasman dan Osman H. 2000. Damai yang terkoyak; Catatan kelam dari Bumi Halmahera. Pustaka Podium.

Analisis konflik perbutan wilayah di propinsi Maluku Utara; Studi kasus konflik perebutan wilayah antara kab. Halmahera Barat dan kabupaten Halmahera Utara tentang enam desa. (sodality: trans disiplin sosiologi, komunikasi dan ekologi manusia vol.4, No.1 2010/21.

Bert Klandermans and Conny Roggeband. (ed). 2007. Handbook of Social Movements AcrossDisciplines. New York. Springer Sciences + Business Media, LLC.

Collier Paul. 2003. Breaking The Conflict Trap: Civil War and Development Policy. Washington, DC. The World Bank. https://doi.org/10.1037/e504012013-001

Dharmawan A.H. Bahan kuliah Gerakan social dan dinamika masyarakatpedesaan Departemen komunikasi dan pengembangan masyarakat IPB.

Gurr Robert Ted (ed). 1980. Hand Book of Political Conflict: Theory and Research. New York. The Free Press. A Division of Macmillan Publishing Co.,Inc.

________Ted (ed). 1998. Minorities at Risk: A Global View of Ethnopolitical Conflicts. Washington DC. United State Institute of Peace Press.

Hoeffler, Angke. 2001. “Greed and Grievance in Civil War”. www.world-bank.org/research/papers/greedandgrievance.htm.

Myrdal,G. 1968, gy Asian drama: An inquiry into the poverty of nations. London. Allen lanen,1968. And Regional Development policy.

Oberg Magnus and Strom Kaare,(ed). 2008. Resources, Governance and Civil Conflict. London. Routledge and New York. Taylor & Francis Group (ecpr). https://doi.org/10.4324/9780203940716

Copyright (c) 2017 Owned by the Authors, published by Society

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.