UPAYA MENINGKATKAN PROSES PEMBELAJARAN GURU MELALUI LESSON STUDY DI SMAN 1 SEBERIDA KABUPATEN INDRAGIRI HULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Abstract

Permasalahan klasik dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru adalah guru masih menjadi pusat perhatian; guru tidak memakai media pembelajaran; guru tidak melakukan inovasi dalam pembelajaran. Permasalahan klasik tersebut harus segera dibenahi agar proses pembelajaran menjadi lebih menarik. Salah satu cara membenahi permasalahan tersebut adalah guru mengikuti kegiatan lesson study. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui seberapa efektif lesson study mampu meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Seberida.Penelitian tindakan sekolah ini mengambil setting di SMAN 1 Seberida dengan jumlah subjek penelitian 38 guru. Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui 2 siklus. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif yaitu digunakan terhadap data kualitatif yang diperoleh dari pengamatan guru selama berlangsungnya pembelajaran dan selama mengikuti lesson study. Hasil penelitian tindakan ini adalah: 1) Lesson study meningkatkan kemampuan guru dalam proses pembelajaran di SMAN 1 Seberida sebesar 10,29 poin dalam kategori baik.