Meningkatkan Kemampuan Kognitif dalam Mengenal Warna dengan Metode Eksperimen
DOI:
https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.8Keywords:
Kemampuan Kognitif, , Mengenal Warna, Metode EksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna melalui metode eksperimen pada anak usia 3-4 tahun di KB Pertiwi. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dengan guru kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah 15 anak di KB Pertiwi yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Objek penelitian adalah kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi (check list) dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan kognitif dalam mengenal warna. Hasil observasi pada pra tindakan menunjukkan bahwa anak yang berkriteria berkembang sesuai harapan ada 2 orang atau 13%. Pada siklus 1 meningkat menjadi 4 orang atau 27% dan siklus 2 meningkat lagi menjadi 10 anak atau 66,7%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa melalui metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di KB Pertiwi.
References
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara
Djamarah. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi edukatif. Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Faiqoh,E. (2011). Pengertian Kemampuan. Diakses dari [http://emprints.uny.ac.id/9227/5/bab%202.pdf ]
Gunarti,W. dkk. (2008). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.
Hernia, H. (2013). Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Segugus III Kecamatan Panjaitan Kabupaten Kulon Progo.Universitas Togyakarta. Yogyakarta: Skripsi tidak Dipublikasikan.
Hudi,K.A. (2012). Pengertian Kemampuan. Diakses dari [http://digilib.uinsby.ac.id/9227/5/bab%202.pdf ]
Kasmiati. (2013). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Warna Melalui Eksperimen di Kelompok A TK Pertiwi Palu. Universitas Tadulako. Palu: Skripsi tidak Dipublikasikan
Kunandar. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jagakarsa: Raja Grafindo Persada
Margono.S (2010:158). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta
Meiliawati, E. (2015). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna melalui Metode Eksperimen pada Anak Usia 3-4 Tahun di KB Melati Putih Jetis Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta: Skripsi tidak Dipublikasikan.
Moedjiono & Dimyati,M. (1991). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdiknas.
Nugraha,A. (2005). Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Departemen Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 58 Tahun 2009 Tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini.
Poerdarminta. (1996). Kamu s Umum Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Depatemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Poerdarminta. (2002). Kamus Bahasa Indonesia. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Roestiyah. (2001). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya. (2009). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sujiono, Y.N, dkk. (2005). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka
Sujiono, Y.N, dkk. (2011). Konsep Dasar PAUD. Jakarta: Indeks
Suyadi. (2010). Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta Pedagogia.
Suyanto. (2005). Pembelajaran untuk Anak Taman Kanak-kanak. Departemen Pendidikan Nasional.
Suyanto. (2008). Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Hikayat Publising.
Syaiful Bahri Djamarah. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: PT asdi Mahastya.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003
Yuliani, N.S. dkk (2011). Metode Pengembangan Kognitif. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the works authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journals published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).