Main Article Content

Sugiyar .
Demokrasi berkaitan dengan bentuk pemerintahan dalam sebuah Negaradan pandangan hidup suatu bangsa. Demokrasi memberikan ruang bagi masyarakatuntuk dapat terlibat secara partisipatif, menjunjung toleransi, menjamin adanya keterbukaan pemikiran, dan keragaman gagasan.Peran aktif masyarakat menjadi indikator proses demokrasi dapat berjalan.Implementasi demokrasi dalam masyarakat berarti mengakui harkat dan martabat manusia yang sama (human dignity) dan menghormati keberagaman budaya, ras, bahasa, suku, dan agama yang ada. Keberagaman dan keberbedaan merupakan corak masyarakat yang multikultur. Masyarakat yang menjunjung tinggi hak asasi manusia dengan tetap memerhatikan norma yang berlaku.
Arsyad, Azhar, Jawahir Thontowi, and M. Habib Chirzin. Islam Dan Perdamaian Global. Cet I. Yogyakarta: Madyan Press, 2002.
Aspinall, Edward. Titik Tolak Reformasi: Hari-Hari Terakhir Presiden Soeharto. Yogyakarta: LKiS, 2000.
Asshiddiqy, Jimly. “Demokrasi Dan Hak Asasi Manusia.” presented at the Studium General pada acara The 1st National Converence Corporate Forum for Community Development, Jakarta, Desember 2005.
———. Konstitusi & Konstitusionalisme Indonesia. Revisi. Jakarta: Konstitusi Press, 2015.
Asshiddiqy, Jimly, and M. Ali Safa’at. Teori Hans-Kelsen Tentang Hukum. Jakarta: Konstitusi Press, 2007.
Donnely, Jack. Universal Human Right in Theory and Practice. Ithaca and London: Cornell University Press, 2003.
Effendi, Masyhur. Dimensi Dan Dinamika Hak Asasi Manusia Dalam Hukum Nasional Dan Internasional. Jakarta: Ghalia Indonesia, 1994.
Kosasih, Ahmad. HAM Dalam Perspektif Islam:Menyingkap Persamaan Dan Perbedaan Antara Islam Dan Barat. Jakarta: Salemba Diniyah, 2003.
Kumkelo, Mujaid, Moh. Anas Kholish, and Fiqh Vredian Aulia Ali. Fiqh HAM: Ortodoksi Dan Liberalisme Hak Asasi Manusia Dalam Islam. Malang: Setara Press, 2015.
Kurniawan, Gadug. “Kebebasan Sebagai Hakekat Demokrasi.” Inovatif, No. 2, Vol. 8 (January 2015).
Latuconsina, Nuraini. “Perkembangan Demokrasi Dan Civil Society Di Indonesia.” Populis, No. 2, Vol. 7 (Oktober 2013).
Lubis, T. Mulya. Bantuan Hukum Dan Kemiskinan Struktural. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial, 1986.
Maran, Rafael Raga. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: Rineka Cipta, 2014.
Nafis, M. Cholil. Fikih Kebangsaan: Studi Historis Dan Konseptual Perlindungan Kehidupan Beragama Dalam Negara Bangsa. Cet. I. Jakarta: Mitra Abadi Press, 2015.
Shihab, M. Quraish. “Membumikan” Al-Quran: Fungsi Dan Peran Wahyu Dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan, 2001.
Smith, Rhona K. M. Hukum Hak Asasi Manusia. Yogyakarta: PUSHAM UII, 2008.
Sujatmoko, Andrey. Hukum HAM Dan Hukum Humaniter. Cet. II. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2016.
———. “Sejarah, Teori, Prinsip Dan Kontroversi HAM.” Makalah Disampaikan Pada Acara Dengan Tema Training Metode Pendekatan Pengajaran, Penelitian, Penulisan Disertasi Dan Pencarian Bahan Hukum HAM Bagi Dosen-Dosen Hukum HAM, Diselenggarakan Oleh PUSHAMUII, Yogyakarta, 2009, 12–13.
Sunaryo. “Studi Komparatif Antara Universal Declaration Of Human Rights 1948 Dan The Cairo Declaration On Human Rights In Islam 1990” Fiat Justitia Jurnal Ilmu Hukum Volume 5 No. 2 (Mei-Agustus 2012).
Tim ICCE UIN Jakarta. Demokrasi, Hak Asasi Manusia, Dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenada Media, 2003.
Ubaedillah, A., and Abdul Rozak. Pendidikan Kewargaan (Civic Education) Demokrasi, Hak Asasi Manusia Dan Masyarakat Madani. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2008.
Wahid, Wawan Gunawan Abd., Muhammad Abdullah Darraz, and Ahmad Fuad Fanani. Fikih Kebinekaan: Pandangan Islam Indonesia Tentang Umat, Kewargaan, Dan Kepemimpinan Non-Muslim. Cet. I. Bandung: Mizan Pustaka, 2015.