Istikhdam Salm al-Taqdir al-Lafdiy ka Taqwin Badli fi Ta'lim Maharat al-Lughah al-'Arabiyyah bi al-Jami'ah

Abstract

AbstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, langkah-langkah dan model evaluasi alternatif pembelajaran kemahiran berbahasa Arab di perguruan tinggi dengan menggunakan rubrik penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif analitis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rubrik penilaian merupakan bentuk evaluasi alternatif yang tepat dalam mengukur kemampuan mahasiswa melalui performance, kemahiran dan produk yang mereka hasilkan secara terukur, objektif dan berdasarkan pada kriteria yang jelas. Langkah-langkah dalam menyusun rubrik penilaian yaitu dengan menentukan kemahiran, performance maupun produk yang harus dimiliki mahasiswa, menentukan kriteria-kriteria penilaian, dan menentukan level atau tingkatan kemampuan mahasiswa berdasarkan criteria yang sudah ditentukan. Selain itu, penelitian ini mengungkapkan adanya model-model rubrik penilaian berdasarkan empat kemahiran berbahasa Arab, yaitu istimâ’ (mendengar), kalâm (berbicara), qirâ`ah (membaca), dan kitâbah (menulis).Kata kunci: Rubrik Penilaian, Evaluasi Alternatif, Kemahiran Bahasa Arab AbstractThis study aims to find out the concept, steps and models of  alternative evaluation of Arabic proficiencies for university students by using assessment rubric. This study uses analytical descriptive approach. The results of this study indicate that the assessment rubric is an appropriate form of evaluation in measuring the students proficiencies through the performance, skills and products that they bring about in a measurable, objective and based on clear criteria. The steps in preparing the assessment rubrics are by determining  the skills, performances and products that must be mastered by students, determining the criteria of assessment, and determining the level  of student proficiencies based on predetermined criteria. In addition, this study reveals the existence of rubric assessments models based on four Arabic proficiencies, which are: listening (istimâ’), speaking (kalâm), reading (qirâ`ah), and writing (kitâbah).Keywords: Assessment Rubric, Alternative Evaluation, Arabic Proficiencies