DOSEN BAHASA ARAB DAN KOMPETENSINYA DALAM MENGAKTUALISASIKAN TEKNIK PEMBELAJARAN INTERAKTIF

Abstract

Abstract: Penelitian ini mengkaji tentang “Dosen Bahasa Arab dan Kompetensinya dalam Mengaktualisasikan Teknik Pembelajaran Interaktif, dengan fokus per-soalan bagaimana dosen bahasa Arab dan kompetensinya dalam mengaktua-lisasikan teknik pembelajaran interaktif bagi mahasiswa pendidikan bahasa Arab (PBA) UIN Raden Intan Lampung?. Sementara tujuan penelitian ini adalah mengekplorasi dosen bahasa Arab dan kompetensinya dalam mengaktualisasikan teknik Pembelajaran bahasa Arab interaktif bagi mahasiswa  jurusan pendidikan bahasa Arab (PBA) UIN Raden Intan Lampung. Adapun kontribusi positif yang dapat dihadirkan dari penelitian ini adalah merupakan kontribusi positif yang dapat digunakan oleh para dosen bahasa Arab dalam mengaktualisasikan teknik pembelajaran bahasa Arab interaktif; sebagai paradigma baru dalam meng-aktualisasikan teknik pembelajaran bahasa Arab interaktif terkait dengan kom-petensi dosen bahasa Arab dalam pembelajaran unsur dan empat keterampilan berbahasa; menumbuhkan dan melatih kompetensi bahasa mahasiswa dalam mempelajari bahasa Arab interaktif; dan menghadirkan kontribusi pemikiran bagi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) UIN Raden Intan Lampung dalam meningkatkan kompetensi dosen bahasa Arab.Mencermati statement di atas, maka jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang digunakan untuk meneliti pada kondisi objek natural, di mana peneliti sebagai instrumen kunci, dengan teknik pengum-pulan datanya (observasi, wawancara dan catatan dokumen) dilakukan secara trianggualasi, sementara data yang dihasilkan bersifat deskriptif, dan analisisnya secara induktif. Selanjutnya, hasil penelitian kualitatif ini, lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Sedangkan langkah teknik analisis data penelitian kualitatif ini, dapat direalisasikan melalui tiga langkah, yaitu data reduction, data display dan data verification.Menganalisis paparan di atas, maka temuan penelitian yang diperoleh adalah kompetensi dosen dalam mengaktualisasikan teknik interaktif dalam pembelajaran unsur dan empat keterampilan berbahasa, terkait dengan mendesain tujuan, materi, pendekatan, metode, teknik, media dan evaluasi pembelajaran. Kata kunci: Dosen Bahasa Arab, Kompetensi, dan Teknik Pembelajaran Interaktif.