KONTRIBUSI DAN STRATEGI METODE DAKWAH DI ERA GLOBALISASI

Abstract

Strategi dakwah merupakan bentuk wacana dan wasilah sebagai syiar dan visi dan misi dakwah ataupun bentuk amar ma’ruf nahi mungkar, yang harus didistribusikan ke ruang lingkup umat Islam dan berbagai homogen masyarakat yang basik dan latarbelakang pengetahuan yang berbeda pemahaman dan berbeda metode menganalisis materi dan pesan yang disampaikan oleh para penda’i, baik yang ditujukan dikalangan masyarakat yang minoritas masih menyerapi pengetahuan yang minim berbagai dimensi ataupun sebaliknya. Dalam metode dan strategi berdakwah dalam religi Islam agar lebih efektif untuk menyampaikan dan mentransfer dalam berbagai materi ataupun pesan dakwah melalui berbagai konsep, sistem dan metode penyampaian agar masyarakat mudah menerimanya dan berbagai materi ilmu yang disajikannya. Maka salah satu media yang lebih efektif dan praktis untuk menyampaikannya adalah melalui wasilah “Informatika dan Multimedia”dan ini adalah sebagai strategi dalam bentuk kontribusi yang sangat berarti dan efisiensi bagi dunia dakwah itu sendiri. Sehingga di era globalisasi sekarang ini berbagai materi dan pesan dakwah dapat tersalurkan dengan maksimal dengan menggunakan berbagai fasilitas networking sehingga metode, konsep dan pesan dakwah tetap tersampaikan sehingga media dakwah itu sendiri tidaklah asing bagi generasi baru mendatang yang mana dunia multimedia juga sudah menjadi kebutuhan secara primer dari kehidupan umat Islam kesehariannya, sehingga pesan atau materi dakwah yang akan disampaikan tidaklah mengenal jarak tempat dan batas dimensi waktu, agar tidak meluas suatu misi western civilization dalam kalangan muda-mudi generasi muda Islam.