PERAN AKHLAK SYARIAH DALAM EKONOMI BISNIS GLOBAL (Perspektif Al-Qur’an dan Al-Hadist)

Abstract

akhlak merupakan bentuk jamak dari khuluq yang berarti keadaan jiwa yang mengajak seseorang melakukan perbuatan-perbuatan tanpa memikirkan dan memperhitungkan sebelunya yang dapat dijadikan fitrah manusia ataupun hasil dari latihan-latihan yang telah dilakukan, hingga menjadi sifat yang dapat melahirkan khuluq yang baik. Dalam pengertian lain akhlak atau etika adalah sikap yang tetap dan mendasar yang melahirkan perbuatan dengan mudah dalam pola hubungan antara manusia dengan dirinya dan diluar dirinya. Seorang muslim dalam menjalankan bisnis haruslah sesuai dengan etika dalam syariat Islam yang telah diajarkan oleh Rasulullah yakni harusla berlaku adil, amanah, jujur, tidak melakukan bisnis yang mengandung riba, bersikap ramah tamah, tidak hanya mencari keuntungan dunia (ekonomi global) semata tetapi juga keuntungan akhirat, dan lain sebagainya.