MEMBANGUN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR BAGI MAHASISWA MELALUI LESSON STUDY

Abstract

Sebagai calon guru, para mahasiswa Prodi PGMI dibekali empat kompetensi yang harus dikuasai oleh guru, yaitu: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Dalam penelitian ini dikembangkan kompetensi pedagogik dan keterampilan dasar mengajar mahasiswa melalui Lesson Study.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan sifat penelitian deskriptif kualitatif. Adapun subyek penelitian adalah mahasiswa semester VI Prodi PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Triangulasi sumber data dilakukan untuk mengecek kebenaran data yang sama dari tiga sumber yang berbeda. Sedangkan triangulasi metode dilakukan untuk mengecek kebenaran data melalui tiga teknik yang berbeda, yaitu observasi, wawancara, dan dokumen.Berdasarkan analisa data, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Pelaksanaan lesson study menumbuhkan kompetensi pedagogik dan keterampilan dasar mengajar mahasiswa melalui komitmen yang kuat dari seluruh anggota tim, proses latihan  mengajar yang  terencana secara seksama, pelaksanaan yang dilakukan dengan tahapan yang sistematis dan berkelanjutan, serta saling memberi dan menerima saran dari orang lain.; (2) Kendala yang dihadapi: a) Keberadaan observer dapat mengganggu konsentrasi pengajar, b) observer hanya mencatat kesalahan/kekurangan selama proses pembelajaran, c) Kebanyakan fokus pengamatan pada guru, bukan pada proses pembelajaran, d) Pada tahapan diskusi, mahasiswa saling mengritik dan mengemukakan kelemahan rekannya; (3) Manfaatnya: a) mengamati dan belajar dari pengalaman orang lain, b) kualitas pembelajaran yang lebih baik, c) Melatih mahasiswa untuk lebih teliti dalam menentukan tujuan pembelajaran, mengenal cara berpikir peserta didik, dan memilih metode pembelajaran yang tepat, d) Dapat mengembangkan keahlian mengajar baik dalam perencanaan maupun selama proses pembelajaran.