KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) NGANJUK

Abstract

Maju mundurnya suatu lembaga pendidikan sangat berpengaruh pada sosok pemimpin. Dalam lembaga pendidikan kepala sekolah mempunyai peran penting untuk memajukan sekolah yang di pimpinnya. Pada dasarnya pendidikan terdiri dari beberapa komponen yang saling berpengaruh dan berkaitan antara yang satu dengan yang lainnya. Dari komponen tersebut, gurulah yang memegang peran penting dan merupakan kunci pokok bagi keberhasilan pendidikan. Untuk itu kompetensi  seorang guru harus di tingkatkan. Dengan adanya komponen kepala sekolah dan guru yang sangat berperan penting untuk kemajuan pendidikan, maka penulis tertarik untuk mendalami tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru, dengan fokus penelitian:  1) Bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk?, 3) Apa faktor penghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk?.Untuk mencapai tujuan penelitian di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam hal ini kehadiran peneliti sangat penting, karena merupakan instrumen kunci untuk menangkap makna yang ada, sumber data yang utama dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan yang diperoleh melalui informan, sedangkan dokumentasi merupakan data tambahan. Analisis data yang digunakan meliputi: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengeccekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa 1) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk antara lain yaitu: dengan memberikan motivasi dan pembinaan kepada guru yang berupa arahan, aktif dalam MGMP, melakukan pelatihan-pelatihan, workshop, diklat, dan seminar, serta memberikan fasilitas. 2) Faktor yang mendukung usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk antara lain yaitu: SDM guru dan komitmen tinggi yang dimiliki oleh parra guru, lingkungan yang mendukung, serta sarana dan prasarana yang menunjang. 3) Faktor penghambat usaha kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru di Madrasah Aliyah Negeri Nganjuk antara lain yaitu: pribadi masing-masing guru yang berbeda terkait faktor dari dalam, dan masalah dana terkait faktor dari luar, serta kurikulum yang sering berubah-ubah yang secara tidak langsung berpengaruh pada peningkatan kompetensi guru.Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru