PENGEMBANGAN TEKNIK PENILAIAN CATEGORIZING GRID UNTUK MELATIH KECAKAPAN MENGANALIS PADA MATAKULIAH VOCABULARY I

Abstract

Artikel ini mempersoalkan bagaimana bentuk teknik penilaian Categorizing Grid yang dapat melatihkan kecakapan mahasiswa dalam menganalisis. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat penilaian dengan menggunakan teknik Categorizing Grid untuk melatihkan kecakapan mahasiswa dalam menganalisis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg & Gall yang pada intinya terdiri dari empat tahap, yaitu tahap awal, tahap desain, tahap ujicoba dan revisi serta tahap implementasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi perangkat penilaian, lembar pengamatan keterlaksanaan penilaian setelah proses pembelajaran, lembar pengamatan hambatan-hambatan proses penilaian, lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, lembar respon mahasiswa berupa angket dan lembar penilaian atau tes kecakapan menganalisis mahasiswa. Setelah dilakukan penelitian, ujicoba pada sample terbatas, revisi berdasarkan masukan dari (expert validator), serta implementasi didapatkan beberapa temuan hasil penelitian yaitu bahwa perangkat penilaian yang dikembangkan merupakan perangkat penilaian yang valid dengan kategori baik. Perangkat penilaian yang dikembangkan untuk menunjang pembelajaran Vocabulary I materi compound nouns dengan teknik Categorizing Grid untuk melatihkan kecakapan mahasiswa dalam menganalisis bisa diterima oleh pengguna (mahasiswa). Hal ini dapat dibuktikan dengan temuan pada tiap aspek berikut: Penilaian/tes terlaksana dengan baik, ada solusi terhadap kendala-kendala yang timbul selama kegiatan penilaian, aktivitas mahasiswa dalam kegiatan penilaian berlangsung dengan baik, respons mahasiswa terhadap perangkat penilaian yang dikembangkan adalah respons positif.