Strategies For Intensive Arabic Learning Maharat Al-Kalam At The Kendari State Islamic Institute

Authors

  • Dailatus Syamsiyah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Cecep Farhani Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Alimudin Alimudin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(2).11304

Keywords:

Strategi Pembelajaran, Intensif, Maharat al-Kalam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pembelajaran bahasa Arab secara intensif pada mahārat al-kalām mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri Kendari. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa integrasi dalam model pembelajaran bahasa Arab intensif di FTIK IAIN Kendari menentukan efektifitas proses belajar mengajar bahasa Arab dengan strategi pembelajaran yang intensif, yang mana diantaranya adalah; membentuk Team Teaching Bahasa Arab dengan mensinergikan antara dosen dengan kosentrasi keilmuan Bahasa Arab, dan asisten dosen yang berasal dari mahasiswa berprestasi, penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) yang mengacu kepada KKNI, penyusunan bahan ajar, implementasi metode pembelajaran insentif dengan memadukan metode Student Centered Learning (SCL), metode tutor sebaya dan metode drill and practice dengan beberapa latihan soal dan tugas terstruktur, dan penggunaan media pembelajaran ineraktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Y., Arisanti, D., & Nasution, R. (2017). Strategi Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Madrasah Unggulan Di MIN 3 Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 136-159.

Ahmad, F.E. (2005). Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Misykat.

Andriani, A. (2015). Urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56.

Asadullah. (1995). Metodik Khustis Pengajaran Bahasa Arab. Fak. Tarbiyah IAIN Sunan Ampel.

Bisri, M. (2016). Komponen-Komponen dan Model Pengembangan Kurikulum. Prosiding Nasional, 3, 99–110.

Elihami, E. and A. S. (2018). Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 2(1), 79–96.

Fajri, N., Yoesoef A., and M. N. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dengan Strategi Joyful Learning Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII MTsN Meuraxa Banda Aceh. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 1(1).

Fathi, A., dan Al-Rauf, M.,Yunus Abd. (2003). Al-Marji’ Fy Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Ajanib Min al-Nadzariyyah Ila al-Tathbiq. Maktabah Wahbah.

Fatwiah, N. (2018). Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 2(1), 1–22. https://doi.org/10.29240/jba.v2i1.305.

Hady, Y. (2019). Pembelajaran Mahārat al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah dan Mahmud Kamil al-Nâqah. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 5(1), 63–84. https://doi.org/10.14421/almahara.2019.051-04.

Hasan, J.A. (2003). Fusūl fi Tadrīs al-Lughah al-’Arabiyah. Maktabah al-Rusy.

Hasna, Q.K. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 53–62. prosiding.arab-um.com.

Hayati, N., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual Dengan Minat Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAAN 1 Bangkinang Kota. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 14(2), 160-180.

Lilis, S. (2016). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab II, 53–62. prosiding.arab-um.com.

Khalilullah, M. (2011). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Aktif (Kemahiran Istima’dan Takallum). Sosial Budaya, 8(2), 219-235.

Mahmud, K.A. (1985). Ta’lim al-Lughah al-Arabiyyah Li al-Nathiqin Bi Lughat Ukhra: Ususuh, Mahakhiluh, Thuruq Tadrisih. Jami‟at Um al-Qura.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa sebagai Alat Komunikasi dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(2), 1-10.

Manurung, P. (2020). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab dan Bahasa Inggris Pada Pondok Pesantren Raudhatul Hasanah Paya Bundung Medan. Al-Irsyad : Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 10(1), 107–117. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad%0AISSN.

Hambali, M., & Luthfi, M. (2017). Manajemen Kompetensi Guru Dalam Meningkatkan Daya Saing. Journal of Management in Education, 2(1), 10-19.

Subhan, M. (2015). Efektivitas Penggunaan Metode Mubasyarah Dalam Mengatasi Rendahnya Maharoh Kalam Dalam Pembelajaran Bahasa ArabKelas X Di MAN Yogyakarta III. UIN Sunan Kalijaga.

Nurmasyithah, S. (2016). Pembelajaran Maharah al-Kalam untuk Meningkatan Keterampilan Berbicara Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. (Lisanuna): Jurnal Ilmu Bahasa Arab Dan Pembelajarannya, 4(2), 343–359.

Pebrian, R., Yunita, Y., and I.A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Bahasa Arab Komunikatif (Communicative Language Teaching) Terhadap Kemahiran Berbahasa Pada Kelas Bahasa (CELAD) Mahasiswa FAI-UIR. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 17(2), 39–49.

Roestiyah NK. (1985). Strategi Belajar Mengajar. Bina Aksara-Shalahuddin.

Wahyuni, S. (2013). إعداد المواد التعليمية لمهارة الكلام بالمدخل الاتصالي الكمبيومي: بحث تطويري في مدرسة منشأ العلوم غندنج ليجي مالانج. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Yusuf, dan Anwar, T.S. (1997). Metode Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Raja Grafindo Persada.

Downloads

Published

2023-10-22

How to Cite

Syamsiyah, D., Farhani, C., & Alimudin, A. (2023). Strategies For Intensive Arabic Learning Maharat Al-Kalam At The Kendari State Islamic Institute. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2), 126–135. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2023.vol20(2).11304