PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTARMUKA PENGGUNA SISTEM PEMANTAUAN KUALITAS UDARA BERBASIS APLIKASI ANDROID

Afit Miranto, Egidius Reynaldi

Abstract


Kualitas udara baik atau buruk dapat diketahui dengan cara melakukan pemantauan pengukuran kualitas udara. Pencemaran udara menjadi salah satu penyebab buruknya kualitas udara. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) berupaya memantau pencemaran udara yang ada dengan mendirikan stasiun pemantauan kualitas udara di sebagian kota di Indonesia. Pemantauan yang dilakukan hanya di sekitar lokasi stasiun saja, sehingga dibutuhkan sistem yang dapat digunakan dimana saja dan kapan saja. Penelitian ini menjelaskan tentang implementasi antarmuka pengguna berbasis sistem Android yang digunakan untuk dapat mengambil dan menampilkan informasi kualitas udara. Berdasarkan hasil, diperoleh sebuah aplikasi yang berjalan pada ponsel Android yang dapat menampilkan data kualitas udara dengan parameter partikel PM2.5 dalam indeks satuan pencemaran udara (ISPU), karbon monoksida (CO) dan nitrogen dioksida (NO2). Selain itu, terdapat juga parameter untuk melihat kelembaban, suhu, serta tekanan udara. Hasil yang diperoleh, jika nilai ISPU melebihi 100 (batas sehat), akan menampilkan pop up pesan peringatan yang muncul pada ponsel Android pengguna. Hasil survei responden terhadap aplikasi ini adalah 85,81% ini menunjukkan bahwa sistem dapat digunakan sebagai pembawa informasi pemantauan kualitas udara. 


Keywords


Indeks satuan pencemar udara (ISPU), Kualitas udara, Monitoring

Full Text:

PDF

References


K. Prabowo and B. Muslim, “Penyehatan udara,” … Republik Indonesia, Pusat Pendidikan Sumber Daya …. 2018.

A. Budiyono, “Indeks Kualitas Udara,” Pencemaran Udar. Dampak Pencemaran Udar. pada Lingkung., vol. 02, no. 01, pp. 1–8, 2001.

I. S. Basri, “Pencemaran udara dalam antisipasi teknis pengelolaan sumberdaya lingkungan,” SMARTek, 2010, [Online]. Available: http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/SMARTEK/article/view/633.

Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, “ISPU MAP KLHK.” http://iku.menlhk.go.id/map/.

M. S. Novelan, “Sistem Monitoring Kualitas Udara Dalam Ruangan Menggunakan Mikrokontroler dan Aplikasi Android,” InfoTekJar J. Nas. Inform. dan Teknol. Jar., vol. 4, no. 2, pp. 50–54, 2020.

S. R. Damanik, “Sistem Monitoring Kualitas Udara Pada Kamar Rumah Sakit Menggunakan Sensor Dht11, Mq135 Dan Arduino Uno Berbasis Android,” 2019.

D. Likuisa, “Sistem Pemantau Kualitas Udara Berbasis Internet of Things,” Univ. Teknol. Yogjakarta, 2019.

I. Prayoga, D. Triyanto, and Suhardi, “Sistem Monitoring Kualitas Udara Secara Realtime Dengan Peringatan Bahaya Kualitaas Udara Tidak Sehat Menggunakan Push Notification,” Coding J. Komput. dan Apl., vol. 08, no. 02, pp. 91–102, 2020.

M. Huda and Jusak, “Analisis Karakteristik Lalu Lintas Data Internet : Aplikasi Web Social Network,” J. Control Netw. Syst., vol. 4, no. 2, pp. 102–112, 2015.

N. R. Riyadi, “Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile myUMM Students,” Sistemasi, vol. 8, no. 1, p. 226, 2019, doi: 10.32520/stmsi.v8i1.346.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/cj.v7i1.17491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Afit Miranto

This journal has been indexed by:

Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi
Published by Center for Research and Community Service (LP2M) in cooperation with the Department of Information Technology Education, Faculty of Education and Teacher Training, Ar-Raniry State Islamic University, Banda Aceh.
P-ISSN: 2598-2079
E-ISSN: 2597-9671
Creative Commons License
Content on this site is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License,
except where otherwise noted.