Sistem Pendidikan Karakter Sosial Santri Ditinjau dari Perspektif Perilaku Manusia dalam Organisasi

Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Qohhariyyah Desa Sukatani Kecamatan Pacet

Authors

  • Dede Setiawan Institut Madani Nusantara Sukabumi
  • Kun Nurachadijat Institut Madani Nusantara Sukabumi

DOI:

https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i2.918

Keywords:

Education System, Character Education, Students

Abstract

This study investigates the Social Character Education System at Pondok Pesantren Al-Qohhariyyah in Pacet, Cianjur Regency. The research method employed is qualitative descriptive, involving key informants such as the head of Madrasah Aliyah, the council of teachers, the head of the male boarding school, administrators, and students. Data was gathered through observation, interviews, and document analysis, utilizing triangulation. Findings indicate that the pesantren combines tradition and modern approaches in social character education. There are two main models: the Salafi pesantren, which maintains the teaching of classical texts, and the Khalafi pesantren, which incorporates general education into the madrasah curriculum. Character education is delivered through various methods like sorogan, wetonan, bandongan, and mudzakarah. Majelis ta'lim also engages the local community in religious education. This system positively impacts the formation of students' social character by integrating traditional and modern values, creating a dynamic and creative learning environment.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad Muchaddam Fahham. Pendidikan Pesantren: Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter Dan Perlindungan Anak, Ilmu Dan Aplikasi Pendidikan. Edited by Susanto. 2nd ed. Jakaarta: Publica Institute Jakarta, 2020.

Ahmad syaifuddin. “Eksistensi Kurikulum Pondok Pesantren Dan Kebijakan Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, 2015.

Alfurqon. “Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren Dan Upaya Pembenahannya.” UNP Press Padang 3, 2015.

Arifin, and Imron. Kepemimpinan Kyai Kasus Pondok Pesantren Tebu Ireng. Jombang: Kalimasahadah, 2013.

Eko Prasetyo Utomo. “Internalisasi Nilai Karakter Gotong Royong Dalam Pembelajaran IPS Untuk Membangun Modal Sosial Peserta Didik.” Jurnal Teori Dan Praktis Pembelajaran, 2018.

Fatah Syukur Haedari, and IAmin. Masa Depan Pesantren Dalam Tantangan Modernitas Dan Tantangan Kompleksitas Global. 1st ed. Jakarta: IRD Press, 2014.

Henri Gunawan. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2014.

Heri Gunawan. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Edited by Asep Saepulrohim. Bandung: Alfabeta, 2012.

Imam Syafe’i. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam 8, 2017.

Joesoef Soelaiman. Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. Jakarta: : Bumi Aksara, 2013.

Kemendikbud. “Infografis Gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).” Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016. www.kemendikbud.go.id.

Manfred Ziemek. Pesantren Dalam Perubahan Sosial. Edited by Soendjojo. 1st ed. Jakarta: P3M, 2013.

Mastuhu. Sejarah Pendidikan Islam. Semarang: Pustaka Rizki Putra, 2014.

Moejiono Hasibuan. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2013.

Mujamil Qomar. Manajemen Pendidikan Islam. Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Vol. 2. Remaja Rosda Karya, 2015.

Mukti Ali. Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini. Jakarta: Rajawali Press, 2013.

Neliwati. Pondok Pesantren Modern Sistem Pendidikan, Manajemen, Dan Kepemimpinan. Edited by Jamal. 1st ed. Medan: PT Raja Grafindo Persada, 2019.

Nurcholish Majid. Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan. Jakarta: Jakarta, 2013.

Purnomo, H. M. Hadi. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren. Edited by Ach. Barocky Zaimina. 1st ed. Jember: Bildung Pustaka Utama, 2017.

Ri, Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang Diklat Kemenag. AL-Qur’an Dan Terjemahannya. Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an Balitbang Diklat Kemenag Ri. Jakarta, 2019.

Rodli Makmun. “Pembentukan Karakter Berbasis Pendidikan Pesantren: Studi Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern Di Kabupaten Ponorogo.” Cendekia 12, no. 1, 2014.

Sugiyono, D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. 1st ed. Bandung: CV. Alfabeta, 2013.

Tetep. “Penananaman Nilai-Nilai Karakter Sosial Siswa Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Dan IPS Dalam Konteks Prespektif Global.” Pendidikan Teknologi Informasi STKIP Garut, Jurnal PETIK 2, 2016.

Wismanto, Yupidus, Efni Ramli, Ridwan, and Elbina Mamla Saidah. “Pendidikan Karakter Generasi Mukmin Berbasis Integrasi Al Qur’an Dan Sunnah Di SDIT Al Hasan Tapung - Kampar.” Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1, 2023. https://doi.org/1055403.

Zahrul Wardati. “Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Sosial Anak Pada Habib Alby Homescholing.” Journal of Islamic Education 2, 2019.

Downloads

Published

2023-09-25

How to Cite

Setiawan, D. ., & Nurachadijat, K. (2023). Sistem Pendidikan Karakter Sosial Santri Ditinjau dari Perspektif Perilaku Manusia dalam Organisasi : Studi kasus di Pondok Pesantren Al-Qohhariyyah Desa Sukatani Kecamatan Pacet. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 215-233. https://doi.org/10.54437/alidaroh.v7i2.918

Issue

Section

Articles